22 Desember 2024 | 14:58:51 WIB

Tingkatkan Sinergi dan Komunikasi untuk Wujudkan Pelayanan Prima

Setiap elemen di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak harus memiliki sinergi dan komunikasi yang baik untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima. Ditambah lagi, dengan banyaknya pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat, maka ekspektasi akan adanya pelayanan prima pun menjadi semakin tinggi.

Demikian ditegaskan Kepala BBWS Serayu Opak Gatut Bayuadji dalam acara Capacity Building dengan tema “Sinergi Rekomtek Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak dalam Upaya Mewujudkan Pelayanan Prima”, Rabu s.d. Kamis (14-15/8/2024) di Magelang, Jawa Tengah. Acara juga dihadiri oleh Direktur Kepatuhan Intern Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Lilik Retno Cahyadiningsih, melalui saluran virtual zoom.

Gatut menjelaskan, salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk menangkap aspirasi dari pemangku kepentingan adalah umpan balik (feedback). Misalnya, melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan secara berkala. “SKM merupakan salah satu alat untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja kita. Evaluasi dilaksanakan terus menerus sesuai dengan feedback yang diterima dalam rangka memenuhi kepentingan dan ekspektasi masyarakat,” katanya.

Kepala BBWS Serayu Opak juga menyatakan perlunya tim yang mendampingi masyarakat pada saat mengakses pelayanan publik. Untuk itu, dirinya mendorong jajaran BBWS Serayu Opak mengembangkan inovasi dalam meningkatkan pelayanan prima.
“Apabila terdapat ketidakpuasan dari masyarakat maka perlu dikaji aspek mana yang dirasa kurang puas dan perlu ditingkatkan. Jangan terlalu cepat puas dengan nilai pelayanan, meskipun kita mendapatkan nilai yang tinggi,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Gatut juga menekankan pentingnya internalisasi dan sosialisasi terkait pembangunan Zona Integritas (ZI). Untuk itu, seluruh elemen BBWS Serayu Opak dari lapisan paling bawah sampai lapisan paling atas harus terlibat dan berkontribusi.

“Jajaran BBWS SO yakin dapat menjawab segala tantangan yang ada, terutama di bidang pelayanan publik. Tetap semangat dan tetap berintegritas,” tutup Kepala BBWS Serayu Opak. (ikv/dn/ifn)

Terima kasih sudah mengunjungi Website BBWS Serayu Opak, kami terbuka apabila ada kritik, saran, masukan, atau laporan. BBWS Serayu Opak senantiasa melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi/WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).