SDA-net

Kunjungan Direktur Irigasi dan Rawa dan Direktur Air Tanah dan Air Baku Ditjen SDA Kementerian PUPR di Palu

kunjungan-direktur-irigasi-dan-rawa-dan-direktur-air-tanah-dan-air-baku-ditjen-sda-kementerian-pupr-di-palu

Sigi, 10 September 2021 - Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu menerima kunjungan kerja Direktur Irigasi dan Rawa, Ir. Suparji, S.ST., MT., Direktur Air Tanah dan Air Baku (ATAB), Ir. Iriandi Azwartika, Sp-1., Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementerian PUPR dan Kasatgas Bencana PUPR Sulawesi Tengah, Dr. Ir. Arie Setiadi Moerwanto, M.Sc., di Bendung Gumbasa, Kab. Sigi, Sulawesi Tengah.

Pada kunjungan tersebut Kepala BWS Sulawesi III Palu, Taufik S.ST., MT., memberikan sambutan sekaligus memaparkan progres pekerjaan terkini dari kegiatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana gempa, likuifaksi dan tsunami.

Kegiatan yang menjadi highlight pada monitoring dan evaluasi kali ini yaitu Rehabilitasi dan Rekonstruksi Jaringan D.I. Gumbasa, Rehabilitasi dan Pembangunan Jaringan Transmisi Air Baku Pasigala, Air Baku Paneki, Air Baku Huntap Duyu, River Improvement and Sediment Control in Poi River, Paneki River, Salua River, and Bangga River dan yang terakhir pembangunan tambatan perahu di Palu Coastal Protection.

"Kita memang tidak bisa menjamin apa yang kita bangun tidak akan rusak lagi. Namun, dalam pembangunan rehabilitasi dan rekonstruksi ini, kita selalu berupaya untuk mengurangi dampak dengan meningkatkan kualitas bangunan." Ujar Ir. Iriandi Azwartika, Sp-1., dalam arahannya.

Selanjutnya Direktur Irigasi dan Rawa, Ditjen SDA, Kementerian PUPR, Ir. Suparji, S.ST., MT. menambahkan untuk segera mempercepat progres pekerjaan, salah satunya untuk rehabilitasi Bendung dan Saluran Irigasi D.I. Gumbasa yang ditargetkan akan rampung pada tahun 2023.

"Kami harapkan kepada yang terkontrak untuk mempercepat progres pekerjaan. Saat ini pekerjaan di D.I. Gumbasa sudah dalam tahapan proses lelang dan segera memulai pelaksanaan pekerjaannya. Masyarakat sudah sangat menunggu pemulihan bendung dan saluran irigasi ini, dimana dari total sekitar 8.000 ha baru kembali berfungsi sekitar 1.000 ha," kata Suparji.

Direktur Irigasi dan Rawa bersama dengan Direktur ATAB Ditjen SDA Kementerian PUPR didampingi oleh Kepala BWS Sulawesi III Palu beserta jajaran meninjau sejumlah lokasi kegiatan yang menjadi fokus, salah satunya lokasi rencana rehabilitasi bendung dan jaringan D.I. Paneki yang saat ini sedang dalam tahap collect data eksisting.

"Karena D.I. Paneki merupakan kewenangan daerah/provinsi, terkait review desain harus minta data eksisting ke dinas terkait untuk mempercepat pelaksanaan rehabilitasi, dan saat review desain harus menelusuri dan mengidentifikasi saluran yang rusak agar dana loan yang digunakan lebih efisien.” jelas Ir. Suparji, ST., MT.

Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan meninjau lokasi rencana intake air baku untuk Huntap Duyu di lokasi Check Dam Lewara, Kab. Sigi dan peninjauan Sungai Poboya sebagai intake air baku untuk Huntap Tondo.

“Selain Air Baku Pasigala dan Paneki, ada penambahan tugas untuk memenuhi air baku di Huntap-Huntap, beberapa diantaranya Huntap Pombewe, Duyu, dan Tondo. Untuk Huntap Tondo, saat ini masih dalam tahap survey pada 2 alternatif sungai yang akan dijadikan sebagai intake air baku, yaitu Sungai Poboya dan Sungai Taipa.” Jelas Taufik S.ST., MT.,


Berita Lainnya

Lomba Ranking 1 HAD XXIX: Adu Ketepatan Menjawab Pertanyaan Seputar SDA

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia yang ke XXIX pada tanggal 22 Maret 2021 dengan tema “MENGELOLA AIR, MENJAGA KEHIDUPAN”, Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mengadakan…

Serah Terima Mahasiswa Magang Universitas Tadulako Program Kompetisi Kampus Merdeka

Program kampus merdeka salah satunya yaitu magang  bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.…

Kunjungan Direktur Irigasi dan Rawa dan Direktur Air Tanah dan Air Baku Ditjen SDA Kementerian PUPR di Palu

Sigi, 10 September 2021 - Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu menerima kunjungan kerja Direktur Irigasi dan Rawa, Ir. Suparji, S.ST., MT., Direktur Air Tanah dan Air Baku…

Acara Puncak HAD XXIX 2021: Aksi Penanaman Pohon di Bendung Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat

Acara Puncak Peringatan Hari Air Dunia XXIX Tahun 2021 dilaksanakan secara serentak di Indonesia melalui Video Conference, dengan aksi ‘Penanaman Pohon’ pada Senin, 22…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved