SDA-net

Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI pada Pelaksanaan Paket Pekerjaan Reconstruction of Runway Civil Works (CW) 1 Airport

kunjungan-kerja-komisi-v-dpr-ri-pada-pelaksanaan-paket-pekerjaan-reconstruction-of-runway-civil-works-cw-1-airport

Palu, 17 Juni 2022 - Komisi V DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik di Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat, 17 Juni 2022, dengan agenda rapat koordinasi dan kunjungan lapangan bersama Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan. Rapat koordinasi dan kunjungan lapangan tersebut dilaksanakan terkait masalah aliran sedimen di box culvert pada paket pekerjaan Reconstruction of Runway Civil Works (CW) 1 Airport yang terletak di Sungai Kawatuna sekitar Bandara Mutiara Sis Al-Jufri.

 

Salah satu ruang lingkup paket pekerjaan Reconstruction of Runway Civil Works (CW) 1 Airport adalah perkuatan struktur di sepanjang area box culvert yang berada di sisi utara runway Bandara Mutiara Sis Al-Jufri. Pelaksanaan perkuatan boxculvert terkendala akibat aliran sungai Kawatuna yang membawa sedimen, sehingga akan berpotensi mengganggu aktivitas bandara.

 

Sebagai langkah antisipasi akibat kondisi tersebut, BWS Sulawesi III Palu (Kementerian PUPR) berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengkaji rencana bangunan penangkap sedimen di area hulu Sungai Kawatuna.

 

Komisi V DPR RI, sangat concern terhadap keselamatan penerbangan, sehingga perlu penanganan secepatnya terhadap masalah aliran sedimen yang melewati box culvert tersebut. “Kami meminta rekomendasi dari BWS Sulawesi III Palu untuk dijadikan bahan acuan sebagai usulan ke pemerintah pusat sehingga kami dapat memperkuat data tersebut pada saat raker.” Jelas Andi Iwan Darmawan Aras, SE., M.Si, Anggota Komisi V DPR RI.

 

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu juga menambahkan, “Kami akan mendiskusikan untuk menentukan langkah yang akan kami ambil kedepannya, sehingga penanganan aliran Sungai Kawatuna dapat teratasi secara maksimal.” Tutup beliau.

 


Berita Lainnya

Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) "Aksi Nyata Melestarian Lingkungan"

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu melalui PPK Operasi dan Pemeliharaan I SDA melaksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) yang berlangsung…

Kunjungan DPRD Kabupaten Poso di Kantor Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu menerima kunjungan dari DPRD Kabuten Poso di Ruang Rapat lantai II Kantor Balai Wilayah Sungai Sulawesi III pada 17 September 2021.

Pembukaan Program Padat Karya Non-Rutin di River Improvement and Sediment Control di Sungai Poi

Sigi - Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu melaksanakan Pembukaan Program Padat Karya Non-Rutin pada 'Pekerjaan River Improvement and Sediment Control in Poi River TA. 2021…

Suka dan Duka di Outbound 2019

Palu, 29 Juni 2019 – Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mengadakan kegiatan Outbound dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Kegiatan rutin ini dilaksanakan…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved