SDA-net

Kunjungan Menteri Sosial RI pada Dampak Banjir Sungai Gumbasa

kunjungan-menteri-sosial-ri-pada-dampak-banjir-sungai-gumbasa

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini mengunjungi lokasi dampak banjir akibat luapan Sungai Gumbasa, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Rabu, 7 September 2022.

Beberapa titik yang menjadi peninjauan pasca bencana banjir dimulai dari Pasar Desa Pakuli, Jembatan Gumbasa, serta beberapa lokasi pengungsian warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sigi.

Beliau berharap agar sungai yang berdekatan dengan pemukiman warga segera dilakukan penanganan agar bisa melindungi warga dari ancaman banjir.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu menyampaikan bahwa saat ini alat berat sudah bekerja untuk menangani sungai tersebut. Selanjutnya akan diupayakan langkah-langkah penanganan tanggap darurat pada beberapa titik lokasi yang berada di sekitar sungai.

Sebagai informasi, banjir terjadi akibat curah hujan tinggi yang menyebabkan jebolnya tanggul kiri Sungai Gumbasa dan berdampak pada terendamnya pemukiman warga, menenggelamkan ratusan hektare lahan perkebunan serta putusnya akses yang berada pada ruas Trans Palu - Kulawi yang menghubungkan beberapa kecamatan yang berada di Kabupaten Sigi.

Pada tanggal 6 September 2022, 4 alat berat dikerahkan oleh BWS Sulawesi III Palu untuk menangani dan menutup 2 lokasi yang jebol pada sisi kiri sungai serta perbaikan sisi kanan sungai sepanjang 300 meter. Target penanganan banjir pada hari pertama adalah menutup sisi kiri sungai yang jebol, penanganan delta sungai di Pasar Desa Pakuli dan belakang Huntara Pakuli. Pada pukul 24:00 WITA seluruh sisi kanan jembatan untuk pilar sisi kiri sudah tertutup sehingga air telah berhenti mengalir.

Selanjutnya pada Rabu, 7 September 2022, sebanyak 8 alat berat dioperasikan kembali untuk memaksimalkan penanganan. Beberapa penanganan yang dilakukan yaitu menutup tanggul lokasi jebolnya sungai Gumbasa, normalisasi alur sungai dan pemasangan batu boulder pada sisi kiri sungai sepanjang 1 km dan sisi kanan sungai sepanjang 300 meter.

Langkah-langkah penanganan terus dilakukan oleh BWS Sulawesi III Palu agar bisa melindungi pemukiman warga dan infrastruktur SDA dari ancaman banjir.


Berita Lainnya

Kunjungan Kasubdit Wilayah III Direktorat Air Tanah dan Air Baku di Pekerjaan Sumur Bor Sulawesi Barat

Mamuju - BWS Sulawesi III Palu melalui Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Sulawesi III lingkup PPK OP SDA III terus melanjutkan pembangunan sumur bor pasca…

Yuk, Cari Tahu Sejarah di Balik Hari Bakti PUPR!

Tahukah Sahabat bahwa setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Bakti PU (Pekerjaan Umum). Nah, terkait peringatan tersebut, kali ini admin mau…

Kunjungan Kerja Kepala Pusatab: Rekonstruksi dan Peningkatan Jaringan Air Baku Pasigala

Palu, 11 Maret 2020 – Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Ditjen SDA Kemenpupr, Ir. Iriandi Azwartika, Sp-1. melakukan kunjungan kerja ke lokasi intake Air Baku Saluki untuk…

Jalan Santai dalam Rangka Hari Bakti PUPR Ke-77 Tahun

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu mengikuti jalan santai dalam rangka Hari Bakti PUPR Ke-77 tahun.

Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Prasarana dan Permukiman…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved