SDA-net

Kunjungan Menteri Sosial RI pada Dampak Banjir Sungai Gumbasa

kunjungan-menteri-sosial-ri-pada-dampak-banjir-sungai-gumbasa

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini mengunjungi lokasi dampak banjir akibat luapan Sungai Gumbasa, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Rabu, 7 September 2022.

Beberapa titik yang menjadi peninjauan pasca bencana banjir dimulai dari Pasar Desa Pakuli, Jembatan Gumbasa, serta beberapa lokasi pengungsian warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sigi.

Beliau berharap agar sungai yang berdekatan dengan pemukiman warga segera dilakukan penanganan agar bisa melindungi warga dari ancaman banjir.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu menyampaikan bahwa saat ini alat berat sudah bekerja untuk menangani sungai tersebut. Selanjutnya akan diupayakan langkah-langkah penanganan tanggap darurat pada beberapa titik lokasi yang berada di sekitar sungai.

Sebagai informasi, banjir terjadi akibat curah hujan tinggi yang menyebabkan jebolnya tanggul kiri Sungai Gumbasa dan berdampak pada terendamnya pemukiman warga, menenggelamkan ratusan hektare lahan perkebunan serta putusnya akses yang berada pada ruas Trans Palu - Kulawi yang menghubungkan beberapa kecamatan yang berada di Kabupaten Sigi.

Pada tanggal 6 September 2022, 4 alat berat dikerahkan oleh BWS Sulawesi III Palu untuk menangani dan menutup 2 lokasi yang jebol pada sisi kiri sungai serta perbaikan sisi kanan sungai sepanjang 300 meter. Target penanganan banjir pada hari pertama adalah menutup sisi kiri sungai yang jebol, penanganan delta sungai di Pasar Desa Pakuli dan belakang Huntara Pakuli. Pada pukul 24:00 WITA seluruh sisi kanan jembatan untuk pilar sisi kiri sudah tertutup sehingga air telah berhenti mengalir.

Selanjutnya pada Rabu, 7 September 2022, sebanyak 8 alat berat dioperasikan kembali untuk memaksimalkan penanganan. Beberapa penanganan yang dilakukan yaitu menutup tanggul lokasi jebolnya sungai Gumbasa, normalisasi alur sungai dan pemasangan batu boulder pada sisi kiri sungai sepanjang 1 km dan sisi kanan sungai sepanjang 300 meter.

Langkah-langkah penanganan terus dilakukan oleh BWS Sulawesi III Palu agar bisa melindungi pemukiman warga dan infrastruktur SDA dari ancaman banjir.


Berita Lainnya

Kegiatan Sarasehan Banjir dan Mitigasi Bencana Prov. Sulawesi Tengah

Untuk meningkatkan kerjasama dan menjalin koordinasi yang lebih baik antar Instansi/Lembaga terkait Penanggulangan Banjir, maka BWS Sulawesi III Palu melalui OP SDA 1 melaksanakan…

Semarak Menyambut HUT RI Ke-RI ke - 75

etelah 2 tahun pelaksanaan peringatan HUT Republik Indonesia dilaksanakan secara daring, pada tahun ini Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu merayakan HUT RI Ke-77 secara…

Progress Program Padat Karya Non-Rutin Pengaman Pantai Teluk Palu

Pengaman Pantai Teluk Palu merupakan salah satu kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Pasigala (Palu, Sigi dan Donggala) dengan sumber dana dari Loan…

Keseruan Harbak PU ke-74 di Salumbone Resort

Palu - Rangkaian acara Harbak PU ke-74 berikutnya diadakan di Salumbone Resort, Donggala pada Minggu, 2 Desember 2019. Gathering kali ini diwarnai dengan keseruan perlombaan…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved