SDA-net

Monitoring dan Evaluasi Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Mentawa, Kec. Toili Barat, Kab. Banggai

monitoring-dan-evaluasi-rehabilitasi-jaringan-irigasi-di-mentawa-kec-toili-barat-kab-banggai

Daerah Irigasi (D.I.) Sinorang Ombulu, D.I. Mentawa, dan D.I. Singkoyo (IPDMIP) merupakan daerah irigasi yang berpotensi untuk memasok produksi pangan karena selain ditunjang dengan sawah yang cukup luas, juga mempunyai pasokan air yang cukup memadai. Pada saat ini saluran primer D.I Sinorang Ombulu, D.I. Mentawa, dan D.I. Singkoyo, sebagian tidak dapat berfungsi untuk mendistribusikan air ke areal persawahan, diakibatkan terjadinya kerusakan pada Bendung, saluran primer dan saluran sekunder serta banyaknya endapan yang terdapat di saluran, sehingga mengakibatkan hasil panen petani sangat menurun.

Maka dari itu, untuk mengembalikan fungsi saluran agar terdistribusinya air ke areal persawahan di 3 D.I. tersebut, maka Ditjen Sumber Daya Air di bawah Kementerian PUPR, melalui BWS Sulawesi III Palu melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Sinorang Ombulu, D.I. Mentawa, dan D.I. Singkoyo (IPDMIP).

Kegiatan monev kedua dilaksanakan di pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Mentawa, Kec. Toili Barat, Kab. Banggai, Prov. Sulawesi Tengah, pada Rabu, 10 Maret 2021. D.I. Mentawa memilki luas 3.100 Ha, dengan panjang saluran yang direhabilitasi 5 km (tahun 2020). Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Mentawa, Kabupaten Banggai (IPDMIP) memiliki waktu pelaksanaan yang dimulai tahun 2019 - 2021.

Kunjungan pertama di D.I. Mentawa berada pada lokasi pengerjaan saluran BG 1 – BG 2 pekerjaan saluran precast. Pada kunjungan tersebut Kepala BWS Sulawesi III Palu memberikan sambutan dan arahan kepada Tim TP-OP dan para Petani (P3A) yang turut hadir. Pada penyampaian beliau, salah satu yang di highlight adalah pemanfaatan areal potensial (masih berupa rawa) yang belum diolah. Kemudian, kunjungan berikutnya menuju ke saluran bmkn 3 tg muka pekerjaan saluran insitu k 225, dan ke lokasi Bendung Mentawa.


Berita Lainnya

Sertijab Pejabat Perbendaharaan di Lingkungan BWS Sulawesi III Palu Tahun 2022

Serah terima jabatan pejabat perbendaharaan di Lingkungan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu, Ditjen SDA, Kementerian PUPR dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai I Senin,…

Managemen dan Konsep Diri

Dunia pekerjaan menuntut profesionalitas bagi seluruh pegawai agar bisa bekerja maksimal serta menyelesaikan tugas dan amanah yg diembannya. Banyaknya tuntutan pekerjaan dan…

Pertemuan Bulanan dan Halal Bihalal Paguyuban BWS Sulawesi III Palu

Paguyuban BWS Sulawesi III Palu melaksanakan Pertemuan Bulanan dan Halal Bihalal pada Jumat, 13 Mei 2022 bertempat…

Tanam Pohon dalam Rangka Hari Bakti PUPR Ke-77 Tahun

Paguyuban lingkup Balai Kementerian PUPR Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan penanaman pohon dalam rangka Hari Bakti PUPR ke-77 tahun.

 

 Kegiatan tersebut…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved