SDA-net

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis I untuk Pegawai dan Keluarga UPT Kementerian PUPR Sulawesi Tengah

pelaksanaan-vaksinasi-covid19-dosis-i-untuk-pegawai-dan-keluarga-upt-kementerian-pupr-sulawesi-tengah

Palu, 25 Juli 2021 – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Palu dalam upaya memutus rantai penularan virus Covid-19 telah melaksanakan Vaksinasi Pegawai dan Keluarga Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Prov. Sulawesi Tengah Tahap I di Kantor BWS Sulawesi III Palu pada Minggu, 25 Juli 2021.

Sebanyak 318 orang yang terdiri dari pegawai dan keluarga Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR Prov. Sulawesi Tengah telah mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Dari 318 orang yang mendaftar, terdapat 278 orang yang masuk kriteria untuk divaksin. Selebihnya belum memenuhi kriteria vaksin dikarenakan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan pilek, sehingga harus ditunda dan menunggu waktu yang tepat untuk divaksin sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Terdapat beberapa tahapan yang dilaksanakan pada saat vaksinasi Covid-19, diantaranya adalah yang pertama tahap registrasi dengan pemeriksaan indentitas dan tekanan darah, kedua yaitu tahap screening dan penyuntingan dengan memeriksa dan menanyakan terkait keluhan dan riwayat penyakit, ketiga yaitu tahap vaksin dengan pemberian vaksin Sinovac kepada pegawai dan keluarga pegawai, keempat tahap observasi dengan memberikan pemahaman terkait vaksin dan pemberitahuan kembali terkait vaksin tahap II.

Vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona.

Menurut Kepala Balai BWS Sulawesi III Palu, Taufik S.ST., MT., vaksinasi Covid-19 perlu dilakukan untuk para pegawai beserta lingkungan keluarga demi membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Vaksinasi Covid-19 bisa mencegah kita menyebarkan virus corona ke orang lain. Jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Herd immunity inilah yang ingin kami terapkan kepada para pegawai dan di lingkungan terdekat, yaitu keluarga. Apabila vaksin Covid-19 dilaksanakan secara merata, maka kemungkinan untuk terpapar virus di lingkungan sehari-hari maupun lingkungan kerja dapat diminimalisir.” jelas beliau.

 


Berita Lainnya

Waspada La Nina, BWS Sulawesi III Palu selanggarakan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Sigi, 17/11/21. Berdasarkan publikasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk waspada terhadap kemungkinan datangnya…

Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke 78 Tahun

Keluarga besar Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke 78 Tahun Ayo Terus Melaju Indonesia Maju.

Monev Kegiatan P3-TGAI Desa Lantapan, Kec. Galang, Kab. Toli-Toli.

Kunjungan terakhir untuk kegiatan P3-TGAI pada monitoring dan evaluasi paket pekerjaan di Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Toli-Toli, selanjutnya ditujukan pada lokasi…

Pembangunan Daerah Irigasi (D.I.) Salugan Kab. Toli-Toli Capai Progress 90%

Kunjungan monev pada hari kedua, Minggu, 27 Juni 2021 dilanjutkan pada lokasi Pembangunan Daerah Irigasi (D.I.) Salugan Kab. Toli-Toli yang dilaksanakan oleh SNVT Satuan Kerja…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved