SDA-net

Penanganan Banjir, BWS Sulawesi III Akan Buka Alur Sungai Baru di Sigi

penanganan-banjir-bws-sulawesi-iii-akan-buka-alur-sungai-baru-di-sigi

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Torabelo yang berada di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dilanda banjir, pada Kamis 9 Juli 2020. Sejumlah ruangan di rumah sakit mulai terendam air sejak pukul 18.00 WITA. Sebagai dampaknya sebagian besar pasien yang dirawat di rumah sakit pun dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Menanggapi banjir tersebut, Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu melakukan peninjauan langsung ke tempat evakuasi dan berencana akan membuka alur sungai baru untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Terkait rencana membuka alur sungai baru ini disampaikan langsung oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu, Feriyanto Pawenrunsi, Jumat (10/7), pasca dilakukan tinjauan langsung di daerah sungai di Kabupaten Sigi.

Rencana ini merupakan penanganan awal sebagai antisipasi terjadinya banjir susulan. Menurut Feriyanto Pawenrusi, ada kemungkinan dipermanenkan untuk mengantisipasi terjadinya luapan air sungai kembali terjadi. 


“Untuk pencegahan awal, BWS Sulawesi III berencana akan membuka alur sungai yang baru di Sungai yang meluap dan mengakibatkan rumah sakit tersebut terendam banjir,” jelas Feriyanto.

Dari hasil survei yang dilakukan BWS Sulawesi III hari ini di sungai tersebut, aliran air yang seharusnya melewati palung sungai ternyata tidak melewati Sungai, sehingga menyebabkan air sungai tersebut tidak beraturan, dan mengakibatkan banjir.

Sementara itu, Bupati Sigi, Irwan Lapata menambahkan untuk penanganan banjir, Pemerintah Kabupaten Sigi telah menurunkan sebanyak dua alat berat di lokasi banjir sebagai pencegahan awal.

“Minimal airnya tidak masuk ke dalam, dinas PU akan bekerjasama dengan Balai Sungai dan alat dari Pemda kalau tidak salah ada dua yang naik ke atas,” kata Irwan.

Sementara itu, banjir yang merendam Desa Sidera khususnya RSUD Torabelo kini sudah surut sejak Kamis (9/7) malam. Pembersihan sudah dilakukan sejak Jumat (10/7) pagi dan sejumlah fasilitas kesehatan diamankan di ruangan yang lebih aman.

Sumber: Kumparan.com



Berita Lainnya

Monitoring dan Evaluasi River Improvement and Sediment Control di Sungai Bangga, Sungai Salua, dan Sungai Paneki

Sigi, 3 Maret 2021 – Kepala Balai BWS Sulawesi III Palu, didampingi Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan BWS Sulawesi III Palu melaksanakan monitoring dan evaluasi…

Upacara Hari Bakti PU ke-74: Sambutan Presiden Menjadi Pedoman Sigap Membangun Negeri

Palu - Tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU). Hari Bakti PU tahun 2019 dengan tema “Sigap Membangun Negeri untuk Indonesia Maju” menjadi lebih…

Paguyuban Ibu-Ibu BWS Sulawesi III Palu Salurkan Donasi untuk Karyawan/Karyawati Terdampak Bencana di Sulawesi Barat

Mamuju (23/01/2021) - Paguyuban Ibu-Ibu Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWS Sulawesi III) Palu menyalurkan langsung donasi dari internal pengurus Paguyuban Ibu-Ibu BWS Sulawesi…

Penandatanganan Surat Perjanjian Pekerjaan Pengadaan Hydrometeorologi and Telemetri Equipment Dana Loan Asian Development Bank (ADB) TA 2021

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu melaksanakan Penandatanganan Surat Perjanjian Pekerjaan Pengadaan Hydrometeorologi and Telemetri Equipment Dana Loan Asian Development…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved