SDA-net

Peninjauan Penanganan Tanggap Darurat Banjir Bandang di Desa Rogo, Kabupaten Sigi

peninjauan-penanganan-tanggap-darurat-banjir-bandang-di-desa-rogo-kabupaten-sigi

Sigi, Kamis 02/09/2021 – Banjir bandang yang diakibatkan longsoran tebing pada bagian hulu dan luapan Sungai Rogo telah merendam dan merusak sejumlah pemukiman warga dengan lumpur dan material di Dusun IV Desa Rogo, Kec. Dolo Selatan, Kab. Sigi, Prov. Sulawesi Tengah, pada 29 Agustus 2021 dini hari.

Dalam menindaklanjuti penanganan darurat banjir bandang di Desa Rogo, pada 2 September 2021, BWS Sulawesi III Palu bersama Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Sigi, Kepala Dinas PU Kab. Sigi, dan BPBD Kab. Sigi bersama-sama meninjau kondisi lapangan pasca banjir bandang.

Sebelumnya, sebagai tanggap darurat penanggulangan bencana banjir tersebut, pada 29 Agustus 2021 Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu telah melakukan koordinasi bersama dengan Bupati Sigi, BPBD Kab. Sigi, Dinas PU Kab. Sigi, Aparat Kepolisian dan Gabungan TNI dan Tim Medis dalam melaksanakan tanggap darurat. Kemudian pada 30 Agustus 2021, Kepala BWS Sulawesi III Palu bersama Tim Kaji Cepat Satgas Banjir BWS Sulawesi III Palu telah melakukan peninjauan langsung di lokasi kejadian bencana banjir dan telah mengerahkan 3 unit alat berat/excavator milik BWS Sulawesi II, Dinas PU Kab. Sigi, dan BPBD dalam melakukan pembersihan berupa galian sedimen banjir dan bongkahan kayu pada ruas bagian hilir dan bagian hulu Sungai Rogo.

Tak berselang lama setelah menyerahkan bantuan logistik kepada korban bencana banjir, Gubernur beserta rombongan didampingi oleh BWS Sulawesi III Palu kembali meninjau pembangunan Sabo Dam di Sungai Poi, Kab. Sigi (River Improvement and Sediment Control in Poi River, Sigi). Pada peninjauan tersebut, Kepala Satker PJSA WS. Palu-Lariang, WS. Parigi-Poso, WS. Kaluku-Karama Prov. Sulawesi Tengah, Radia Zulfikar, ST., MT., bersama jajaran BWS Sulawesi III Palu menjelaskan progres terkini pembangunan pekerjaan di Sungai Poi, serta fungsi dari bangunan Sabo Dam yang saat ini sedang dibangun di beberapa Desa di Kab. Sigi.

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura dalam diskusinya meminta pihak BWS Sulawesi III Palu dan JICA, dapat membantu pemulihan dan penanggulangan bencana banjir di beberapa desa rawan longsor di Kab. Sigi, seperti pembangunan Sabo Dam yang saat ini sedang dibangun di Desa Bangga, Desa Salua, dan Desa Poi.

"Harapannya semoga BWS Sulawesi III Palu bersama JICA kiranya dapat juga membangun Sabo Dam di beberapa desa di Kabupaten Sigi yang rawan banjir seperti Desa Rogo dan Desa Beka." tuturnya.

Terkait dengan pengajuan pembangunan tersebut tentunya dibutuhkan diskusi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait. Sementara waktu, Tim Kaji Cepat Satgas Bencana Banjir BWS Sulawesi III Palu akan terus mem-follow up penanggulangan banjir di Desa Rogo, Kab Sigi, dan tetap siaga apabila terjadi laporan banjir baik di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, mengingat akhir-akhir ini intensitas hujan cukup tinggi dan terjadi secara kontinu.


Berita Lainnya

Pelatihan Penyegaran Tenaga Pendamping Masyarakat IPDMIP TA. 2021

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu menyelenggarakan Pelatihan Penyegaran bagi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) untuk Program Integrated Participatory Development…

Paguyuban Ibu-Ibu BWS Sulawesi III Palu Salurkan Donasi untuk Karyawan/Karyawati Terdampak Bencana di Sulawesi Barat

Mamuju (23/01/2021) - Paguyuban Ibu-Ibu Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWS Sulawesi III) Palu menyalurkan langsung donasi dari internal pengurus Paguyuban Ibu-Ibu BWS Sulawesi…

Pembuatan Sumur Bor: Pemenuhan Air Bersih Pasca Bencana di Sulawesi Barat

Mamuju, 30 Januari 2021 – Pasca bencana gempa bumi di wilayah Provinsi Sulawesi Barat, para pengungsi di Mamuju dan Majene mengalami kendala kesulitan mendapatkan air bersih.

Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan TA 2021

BWS Sulawesi III Palu melaksanakan Rapat Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan TA. 2021 pada Senin, 1 Maret 2021 bertempat di ruang rapat kantor BWS Sulawesi…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mbstring' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: