SDA-net

Rencana Rehabilitasi Daerah Irigasi Mentawa

rencana-rehabilitasi-daerah-irigasi-mentawa

Daerah Irigasi Mentawa terletak di Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah. Daerah Irigasi ini berada di 9 desa yaitu Desa Mentawa, Karya Makmur, Makapa, Pasir Lamba, Bone Bae, Mekar Sari, Dongin, Rata dan Mekar Jaya.

Berdasarkan kondisi terkini, daerah irigasi Mentawa memiliki luas area fungsional 1.958,5 Ha dan luas areal potensial 3.100 Ha.

Pada saat ini Daerah Irigasi Mentawa memiliki 14 Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dari 2 Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) dan 1 Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A). Berdasarkan hasil inventarisasi tahun 2013, kondisi jaringan irigasi baik bangunan maupun saluran cukup baik dan terawat serta dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Namun demikian masih diperlukan kegiatan rehabilitasi pada sejumlah saluran dan bangunan. Pekerjaan rehabilitasi pada saluran diperuntukkan pada ruas yang mengalami sedimentasi, pasangan beton yang tergerus dan mengalami retak.

Dalam rangka mengoptimalkan kondisi dan fungsi jaringan irigasi Mentawa, diperlukan tindakan tindak lanjut berupa upaya fisik dan non fisik. Upaya fisik berupa kegiatan rehabilitasi asset jaringan irigasi, terutama yang mengalami kerusakan, peningkatan saluran drainase untuk mengakomodasi beberapa petak tersier yang sering mengalami banjir, penanganan sedimentasi pada saluran pembawa dan pembuang melalui O&P, dan rehabilitasi bangunan pelengkap, terurama pada beberapa bangunan terjun yang mengalami kerusakan.

Upaya Non Fisik berupa penambahan petugas pelaksanana O&P di lapangan, terutama petugas pekerja bendung dan saluran, pemberdayaan Lembaga GP3A dan P3A dalam operasi dan pemeliharaan jaringan tingkat tersier, dan alih fungsi lahan kembali kebun sawit menjadi areal sawah.


Berita Lainnya

Pertemuan Bulanan dan Halal Bihalal Paguyuban BWS Sulawesi III Palu

Paguyuban BWS Sulawesi III Palu melaksanakan Pertemuan Bulanan dan Halal Bihalal pada Jumat, 13 Mei 2022 bertempat…

Monitoring Pekerjaan Bangunan Pengendali Banjir Dengan Sistem Polder di Desa Lende, Sirenja, Sulawesi Tengah.

Banjir Rob kerap kali merendam ruas jalan nasional dan permukiman warga yang tinggal di garis pantai Sirenja, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Saat…

Pertemuan Rutin Paguyuban BWS Sulawesi III Palu

Paguyuban BWS Sulawesi III Palu melaksanakan pertemuan rutin dengan Sosialisasi bertema “Trend Flexing di Media Sosial dan Resikonya pada Kesehatan Mental” pada Jumat,…

Suka dan Duka di Outbound 2019

Palu, 29 Juni 2019 – Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mengadakan kegiatan Outbound dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Kegiatan rutin ini dilaksanakan…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved