SDA-net

Upacara Hari Bakti PU ke-74: Sambutan Presiden Menjadi Pedoman Sigap Membangun Negeri

upacara-hari-bakti-pu-ke74-sambutan-presiden-menjadi-pedoman-sigap-membangun-negeri

Palu - Tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU). Hari Bakti PU tahun 2019 dengan tema “Sigap Membangun Negeri untuk Indonesia Maju” menjadi lebih spesial karena mendapatkan pesan langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berupa sambutan yang dibacakan oleh Gubernur Prov. Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, selaku Inspektur Upacara Harbak PU ke-74 di Kantor Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Prov. Sulawesi Tengah, Palu, Selasa (3/12/2019). Isi sambutan Presiden pada Hari Bakti PU ke-74 menjadi pedoman kerja 5 tahun ke depan.

Di awal sambutannya, Presiden menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas kinerja serta kerja keras kepada seluruh jajaran Kementerian PUPR dan pihak terkait lainnya mulai dari Pemerintah Daerah, BUMN, dan mitra swasta, baik yang bergerak di bidang konstruksi maupun pembiayaan untuk mencapai target pembangunan 2015-2019.

Indonesia telah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Tidak hanya di pulau Jawa saja, tetapi ke seluruh wilayah Indonesia terutama ke wilayah Indonesia bagian Timur, wilayah pedalaman, kawasan terisolisir dan daerah perbatasan. Meskipun telah bekerja keras, daya saing infrastruktur Indonesia masih kalah di posisi ke-5 dari Thailand, Brunei, Malaysia, dan Singapura. Untuk itu, Presiden mengajak kita semua bekerja lebih keras lagi untuk mengejar ketertinggalan dan menjadi yang terdepan.

Tidak hanya untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur sekaligus untuk mewujudkan rasa keadilan masyarakat serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Pembangunan harus memiliki dampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam menaikkan kelas UMKM, pengembangan pariwisata, penciptaan lapangan kerja dan peningkatan ekspor.

“Kini saatnya menghubungkan infrastruktur yang tersedia dengan sentra-sentra produksi, objek wisata, dan pemasaran. Jalan tol harus tersambung dengan kawasan industri. Konektivitas tersebut tidak akan terwujud tanpa ada sinergi. Saya minta seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk menyepakati bersama mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, provinsi, serta kabupaten/kota," pesan Presiden Jokowi yang disampaikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan sinergi pemerintahan juga akan berpengaruh besar dalam kesuksesan agenda pembangunan berikutnya. Selama lima tahun ke depan akan dilanjutkan pembangunan 60 bendungan, 1.000 embung, 500.000 hektare jaringan irigasi baru, 2.500 km jalan tol, 60.000 km jalan baru, kelanjutan Program Satu Juta Rumah.

Kita juga akan meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum layak menjadi 90% serta akses sanitasi dan persampahan menjadi 80%. Selain itu, kita akan mewujudkan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur dengan konsep Smart Metropolis.

Selain itu, Presiden juga menyatakan akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur lima destinasi wisata prioritas yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 yakni Kawasan Danau Toba di Sumatera Utara, Kawasan Borobudur di Jawa Tengah, Kawasan Mandalika di NTB, Kawasan Labuan Bajo di NTT, dan Kawasan Manado-Likupang di Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya Presiden juga menyoroti pentingnya peningkatan inovasi di bidang teknologi dan pembiayaan untuk mendukung pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur harus didukung oleh teknologi dan hasil riset yang aplikatif. Kreativitas menjadi kunci pembiayaan pembangunan infrastruktur ke depan.

 


Berita Lainnya

Rapid Antigen di lingkungan BWS Sulawesi III Palu di Mamuju, Sulawesi Barat

Mamuju, 29 Juni 2021- Meningkatnya kasus Covid 19 di Indonesia membuat seluruh lini masyarakat mulai waspada. Berbagai kebijakan muncul untuk mencegah penyebaran virus ini,…

Kegiatan Sinkronisasi dan Pertemuan Teknis terkait Kebijakan Pengelolaan Sistem Informasi Hidrometeorologi, Hidrologi, dan Hidrogeologi (SIH3)

Palu - Balai Wilayah sungai Sulawesi III melaksanakan kegiatan Sinkronisasi dan Pertemuan Teknis terkait Kebijakan Pengelolaan Sistem Informasi Hidrometeorologi, Hidrologi,…

Monev Kegiatan P3-TGAI Desa Toraranga, P3A Lompe Singgani, Kec. Siniu, Kab. Parigi Moutong

Kegiatan P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana…

Pembayaran Uang Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Pembangunan Intake dan Jaringan Air Baku Paneki Kecamatan Sigi Biromaru Kab. Sigi

Sigi, 8 Mei 2021 – Setelah melaksanakan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian pengadaan tanah Pembangunan Intake dan Jaringan Air Baku Kab. Sigi, Balai Wilayah Sungai…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved