BWS Sumatera I Mendukung Kegiatan Memperkenalkan Potensi Sungai di Aceh kepada Para Pemuda

Berita Balai

image description
Foto Bersama Peserta River School

Aceh Besar (21/10) Komunitas Rumput Liar (RL) bekerjasama dengan BWS Sumatera-I melaksanakan kegiatan RL River School Field Discussion Series dengan tema Introduction to Water Problems In Aceh. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi sungai yang ada di Aceh kepada para pemuda serta memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai permasalahan pencemaran lingkungan dan krisis air yang saat ini terjadi.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu sebanyak 50 orang yang berasal dari berbagai Komunitas peduli lingkungan dan sungai, yaitu, Youth.id, Marine Buddies Banda Aceh, Natural Disaster Ranger, Aceh Youth Environmental Forum, Sahabat Hijau, Earth Hour, Pepelingasih, Duta Wisata Aceh Besar, Duta Wisata Banda Aceh, Yayasan Aceh Hijau, Evator, Fastana, Kompesta, Sigupai, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Ar-Raniry, Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota USK, dan Wahid Teknik Sipil USK.

 


Kegiatan RL River School Field Trip diawali dengan aksi susur sungai di 3 titik sungai yaitu sungai Krueng Aceh, Krueng Daroy, dan Krueng Doy serta satu lokasi sumber mata air, Kulam Mata Ie. Aksi susur sungai ini dipandu oleh Asrul Sidiq, ST. M.Sc, Pratitou Arafat, SP, MLA, dan Fahmi Aulia, ST, MT masing - masing pada lokasi sungai yang berbeda. Aksi susur sungai ini bertujuan memberikan pengetahuan dan fakta lapangan yang terjadi pada kondisi sungai di Aceh saat ini. 


Kegiatan ini ditutup dengan acara diskusi yang diadakan di Riverside Resort, Lhoknga - Aceh Besar. Kegiatan pada lokasi ini turut dihadiri oleh Kepala BWS Sumatera I Ir. Djaya Sukarno, M.Eng, Bapak Joni, ST, MT, PhD, Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Bapak Fendra Tryshanie, Pendiri Forum Jurnalis Lingkungan, Bapak Usman Firdaus, Ketua Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) sebagai nara sumber. 

 


Dalam sambutannya Kepala BWS Sumatera I mengharapkan dengan adanya Sekolah sungai (River School) dapat memberikan edukasi tentang sungai dan potensi manfaat kepada masyarakat dan anak muda dengan cara belajar langsung dengan komunitas peduli sungai.

Berita

berita/39485e85-a222-4c68-a5ab-f4faac8597e5/1709177472.jpg

Sidang I TKPSDA WS Aceh Meureudu Periode III Tahun 2024

berita/adc037c4-b6dd-402a-a93e-02d8edf580af/1707815478.jpg

Pelatihan Petugas POS AWLR

tumbuhkan-rasa-cinta-kepuan-tk-putra-kunjungi-bws-sumatera-i-bwssum1.jpg

Tumbuhkan rasa cinta ke-PU-an, TK Putra Kunjungi BWS Sumatera I

pengumuman-pengusulan-lokasi-p3tgai-tahun-anggaran-2024-bwssum1.png

Pengumuman Pengusulan Lokasi P3-TGAI Tahun Anggaran 2024

6-balai-wilayah-aceh-di-bawah-kementrian-pupr-peringati-hari-bela-negara-ke75-bwssum1.jpg

6 Balai Wilayah Aceh di bawah Kementrian PUPR Peringati Hari Bela Negara ke-75

dialog-interaktif-konservasi-hulu-dalam-rangka-penanggulangan-banjir-bwssum1.jpeg

Dialog Interaktif: Konservasi Hulu dalam rangka Penanggulangan Banjir