Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : kompu_cimancis

BBWS CIMANUK CISANGGARUNG KOLABORASI DENGAN HATHI CABANG CIREBON GALAKAN SEMINAR MODERNISASI IRIGASI RENTANG

CIREBON - Irigasi di Indonesia dari wkatu ke waktu selalu diperbaiki dan di modernisasi. Hal ini dilakukan guna menjaga ketersediaan air khususnya untuk mengairi areal pesawahan dalam menunjang ketahanan pangan. Beradasarkan hal tersebut, BBWS Cimanuk Cisanggarung berkolaborasi dengan HATHI Cabang Cirebon galakan seminar dengan tema “Modernisasi Irigasi Rentang untuk Menunjang Ketahanan Pangan” pada Kamis (17/11/2022). Dengan pembicara yang ahli dan kompeten di bidangnya seperti Direktur Irigasi Rawa Suparji SST, MT, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc dan Ketua HATHI Cabang Cirebon Fathurrahman Robandi, ST, MT.

 

Dalam seminar, Dir.Irwa menyampaikan bahwa Indonesia memiliki sumber air yang melimpah, oleh karenanya perlu dilakukan optimalisasi dengan modernisasi atau pengelolaan jaringan sumber daya air demi menunjang ketahanan pangan di Indonesia. Sampai saat ini, Indonesia telah melakukan modernisasi di 6 Daerah Irigasi diantaranya Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

 

Dilanjutkan dengan paparan dari Kepala BBWS yang menggambarkan profil Daerah Irigasi Rentang yang sudah dibangun sejak 1911, progres fisik dan non fisik yang sudah dilakukan dalam modernisasi irigasi, beberapa tantangan dalam pekerjaan modernisasi irigasi, dan beberapa kegiatan pendukung modernisasi irigasi seperti restrukturisasi P3A, demonstrasi Plot, dan penataan aset.

 

Sebagai pelengkap, Ketua HATHI cabang Cirebon memaparkan bahwa menentukan prioritas dalam pengelolaan irigasi dengan evaluasi pada kinerja petugas yaitu aspek manajerial pada instasi pengelola prioritas moderinasi irigasi yakni ketersediaan air irigasi, SDM pengelola irigasi, prasarana/infrastruktur irigasi,sistem pengelolaan irigasi, dan penguatan pada lembaga pengelolaan irigasi. (PPID - Cimancis)