Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : kompu_cimancis

Gerak Cepat Tim SIGAB BBWS Cimanuk Cisanggarung Perbaiki Tanggul Longsor Di Desa Sukagumiwang Kabupaten indramayu

INDRAMAYU - Jelang musim penghujan Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST. M.Sc beserta jajarannya melakukan survei ke sejumlah tanggul di sepanjang Sungai Cimanuk, salah satunya di Desa Sukagumiwang Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu pada Kamis (7/10/2021).

Tanggul longsor di Desa Sukagumiwang disebabkan karena rembesan air yang bersumber dari saluran drainase yang tidak dialirkan dengan baik. Sehingga terjadi genangan air di kaki bagian luar tanggul yang menyebabkan tanggul menjadi tidak stabil dan longsor.

Dalam arahannya Kepala BBWS menyampaikan bahwa sampai saat ini Tim SIGAB sudah melakukan penanganan darurat dengan memasang geo bag berisi pasir yang diperkuat dengan kayu dolken sebagai penyangga. Sementara untuk penanganan selanjutnya akan dilakukan urugan tanggul menggunakan alat berat, dan untuk penanganan permanen akan dibuat tanggul beton dengan tiang pancang dan krib beton dengan kontruksi tipe permeabell.

Diakhir arahannya Kepala BBWS menyampaikan bahwa penanganan tanggul longsor ini membutuhkan kontribusi serta kerjasama dari pihak masyarakat. Salah satunya adalah tidak membuat saluran drainase yang melintasi tanggul dan tidak membuang sampah sembarangan. (PPID - Ciamncis)