Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : PPID-Cimancis

JELANG PERESMIAN, BBWS CIMANCIS DAMPINGI DIRJEN SDA MENINJAU BENDUNGAN KUNINGAN

KUNINGAN - Sebagai salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN) di wilayah kerja BBWS Cimanuk Cisanggarung, Bendungan Kuningan yang akan memasuki proses impounding ditinjau langsung oleh Staf Ahli Menteri PUPR V Endra S. Atmawidjaja, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid, Direktur Bendungan Airlangga Mardjono, Direktur Air Tanah dan Air Baku Iriandi Azwartika, Kepala Pusat Analisis Pelaksanaan Kebijakan Hariyanto Utomo, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi, Bupati Kuningan Acep Purnama, dan Bappeda Kuningan pada Selasa (1/6/2021).

Studi tentang pembangunan Bendungan Kuningan ini sudah dimulai sejak 35 tahun silam melalui inisiasi rancangan induk (master plan) Sungai Cisanggarung. Bendungan ini dibuat sebagai salah satu infrastruktur untuk mendukung ketahanan pangan, energi, dan air dalam skala Nasional.

Bendungan Kuningan kelak akan mengairi areal persawahan seluas 2000 Ha daerah irigasi Cijangkelok dan 1000 Ha daerah irigasi Cileuweung. Selain itu, Bendungan Kuningan juga berfungsi sebagai pengendali banjir, penyedia air baku 300L/detik, dan pembangkit listrik sebesar 500 kw.

Ketika ditinjau langsung, progress konstruksi pembangunan Bendungan Kuningan sudah mencapai 100% dan akan diresmikan langsung oleh Presiden RI pada akhir Juni mendatang. Dirjen SDA berharap pembangunan Bendungan Kuningan ini dapat sepenuhnya memberikan manfaat bagi masyarakat luas. (PPID-Cimancis)