Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Kompu-Cimancis

Penuhi Kebutuhan Irigasi Di Kecamatan Sedong, BBWS Cimanuk Cisanggarung Tinjau Bendungan Sedong

CIREBON - Dalam rangka tugas monitoring, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc beserta jajarannya meninjau Bendungan Sedong di Bendungan Sedong terletak di Desa Karangwuni, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon pada Minggu (17/10/2021).

Bendungan Sedong merupakan salah satu bendungan tua di wilayah kerja BBWS Cimanuk Cisanggarung. Tercatat bahwa bendungan Sedong sudah berusia lebih dari 100 tahun. Sebagai bendungan tua, Bendungan Sedong masih beroperasi dengan baik dan bahkan masih memberikan manfaat utamanya yaitu sebagai pengendali banjir di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Dalam arahannya, Kepala BBWS menyampaikan bahwa kini Bendungan Sedong sudah mengalami beberapa perubahan. Seperti perubahan daerah aliran air dan pemukiman sekitar. Dulu bendungan ini memang digunakan sebagai pengendali banjir. Namun seiring berkembangnya zaman, Bendungan Sedong juga digunakan sebagai penyedia irigasi untuk areal persawahan seluas 629 Ha.

Diakhir, Kepala BBWS menyatakan bahwa Bendungan Sedong ini akan dinormalisasi dengan cara dilakukan pengerukan di beberapa titik bendungan. Hal ini dilakukan agar daya tampung Bendungan Sedong bisa maksimal saat musim kemarau, dan memenuhi kebutuhan irigasi bagi petani khususnya di Kecamatan Sedong. (PPID - Cimancis)