Lestarikan Air Bersih Untuk Menjamin Kelayakan Keberlangsungan Hidup

Berita Balai

image description
Kegiatan bersih-bersih yang dilaksanakan di Sungai Krueng Daroy, Banda Aceh

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia Ke 27 Tahun 2019 dengan tema "Semua Harus Mendapatkan Akses Air", Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 mengadakan kegiatan Lomba Mewarnai dan Bersih-bersih Sungai pada tanggal 21 April 2019 melalui pemberdayaan masyarakat peduli sungai. Kegiatan ini dihadiri oleh karyawan/karyawati di lingkungan Balai Wilayah Sungai Sumatera 1, paguyuban BWSS1, keuchik kampung seutui dan perangkat desa, Komunitas Peduli Sungai Krueng Daroy, Komunitas Rumput Liar, Komunitas Eath Hour Aceh, dan Komunitas Asian Friendship Society (AFS), serta Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekah. Kegiatan bersih-bersih sungai ini dilaksanakan di Sungai Krueng Daroy Banda Aceh dengan mengikutsertakan Komunitas Peduli Sungai, Perguruan Tinggi, Masyarakat dan Instansi Pemerintah.

Selain itu juga diadakan kegiatan lomba mewarnai yang diikuti oleh 100 peserta dengan 2 kategori, yaitu kategori A untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, dan kategori B untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 Bapak Ir. Djaya Sukarno, M.Eng mengatakan salah satu upaya melestarikan air ialah dengan pelestarian alam seperti menjaga kebersihan sungai agar air didaerah aliran sungai bisa terus diproduksi dan memberikan manfaat bagi makhluk hidup.

Sebagai salah satu hajat dasar manusia, ketersediaan air bersih adalah hal yang utama untuk menjamin kelayakan keberlangsungan hidup. Masalah-masalah seperti kekurangan air dimusim kemarau, banjir dimusim hujan, bencana terkait hidrometeorologi serta rendahnya kualitas air akibat pencemaran menjadi tantangan yang perlu dihadapi dalam upaya pelayanan terhadap masyarakat.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat, komunitas peduli sungai, perguruan tinggi dan instansi pemerintah dalam mengelola sungai dan meletarikan air bersih sehingga hak masyarakat dalam mengakses air akan tercapai dengan baik.

Berita

berita/adc037c4-b6dd-402a-a93e-02d8edf580af/1707815478.jpg

Pelatihan Petugas POS AWLR

tumbuhkan-rasa-cinta-kepuan-tk-putra-kunjungi-bws-sumatera-i-bwssum1.jpg

Tumbuhkan rasa cinta ke-PU-an, TK Putra Kunjungi BWS Sumatera I

pengumuman-pengusulan-lokasi-p3tgai-tahun-anggaran-2024-bwssum1.png

Pengumuman Pengusulan Lokasi P3-TGAI Tahun Anggaran 2024

6-balai-wilayah-aceh-di-bawah-kementrian-pupr-peringati-hari-bela-negara-ke75-bwssum1.jpg

6 Balai Wilayah Aceh di bawah Kementrian PUPR Peringati Hari Bela Negara ke-75

dialog-interaktif-konservasi-hulu-dalam-rangka-penanggulangan-banjir-bwssum1.jpeg

Dialog Interaktif: Konservasi Hulu dalam rangka Penanggulangan Banjir

menteri-basuki-bangun-lebih-banyak-bendungan-dan-lahirkan-inovasi-baru-bwssum1.jpeg

Menteri Basuki: Bangun Lebih Banyak Bendungan dan Lahirkan Inovasi Baru