Indonesia SDA-net   

Monitoring Stasiun Pompa Air Sungai Asam dan Tembuku

SISDA Berita Balai 12 Januari 2024 24 kali Monitoring Stasiun Pompa Air Sungai Asam dan Tembuku Foto: Kepala Balai memberikan arahan di stasiun pompa Sungai Asam.

Jambi, 12 Januari 2024 - Kepala Balai Bapak David Partonggo bersama-sama dengan Kasatker O&P SDA dan PPK O&P SDA III dari BWS Sumatera VI Jambi melakukan peninjauan terhadap kondisi Stasiun Pompa Air di dua titik lokasi, yaitu Sei. Asam dan Tembuku. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dari BWS Sumatera VI atas potensi bencana banjir yang mungkin terjadi mengingat musim penghujan saat ini yang mengalami peningkatan debit air.

Menurut Kepala Balai Bapak David Partonggo, dalam kegiatan monitoring ini, para petugas mengecek kelancaran kerja pompa air, ketinggian air di sekitar stasiun pompa, serta kondisi bangunan gedung pompa air. Kegiatan monitoring tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjamin bahwa Stasiun Pompa Air di kedua lokasi tersebut dalam kondisi siap operasi.


Berdasarkan data yang diperoleh oleh BWS Sumatera VI, curah hujan di wilayah Kota Jambi meningkat sejak minggu lalu. Meskipun hujan tersebut masih dalam batas normal, namun BWS Sumatera VI telah menyiapkan upaya-upaya antisipasi untuk menghindari terjadinya banjir dan bencana lainnya.

"Saat ini kami terus memantau debit air di Sungai Batanghari dan anak-anak sungainya, serta titik-titik banjir yang rentan terjadi. Hal ini dilakukan agar kami dapat segera mengambil tindakan jika terjadi peningkatan debit air yang ekstrem," kata Kasatker O&P SDA BWS Sumatera VI.