Pangkalpinang. Senin, 24 Oktober 2022. Sidang Pleno IV Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai (WS) Bangka Tahun 2022 digelar dengan agenda pembahasan Pendayagunaan Kelembagaan, Secara hybrid melalui Zoom Meeting dan  bertempat di Soll Marina Bangka Hotel & Conference Center.

Sidang kali ini merupakan Sidang Pleno ke-IV TKPSDA WS Bangka yang dilaksanakan  pada Tahun Anggaran 2022. Agenda sidang kali ini meliputi; Rapat Komisi Pendayagunaan Kelembagaan, Sidang Pleno Pendayagunaan Kelembagaan dan Sidang Pleno Program Kerja TKPSDA WS Bangka Tahun 2023 yang diikuti oleh peserta rapat yang terdiri dari unsur Pemerintah dan Non-Pemerintah.

Kepala Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung, Bapak Ir. Panca Hermawan, Sp-1 secara langsung hadir dan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta rapat sidang pleno IV TKPSDA WS Bangka, serta menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tugasnya, TKPSDA banyak menghadapi kendala terutama pemahaman dalam pengelolaan sumber daya air yang disebabkan minimnya komitmen dalam melaksanakan hasil koordinasi karena kepentingan antar sektor/lembaga, masalah sosial, budaya, serta finansial. Sehingga perlu dilaksanakan inventarisasi dan identifikasi terkait pengelolaan sumber daya air pada Wilayah Sungai Bangka yang menjadi wilayah kerja. 

Dilanjutkan dengan laporan Ketua Sekretariat TKPSDA WS Bangka oleh Bapak Rudy Susilo, S.T., M.Si., melaporkan rincian kegiatan TKPSDA WS Bangka yang dilaksanakan selama Tahun Anggaran 2020-2022. Dilanjutkan dengan Sambutan sekaligus Pembukaan oleh Ketua TKPSDA WS Bangka, Bapak H. Fery Insani yang diwakili oleh Ibu Sri Martini, S.T., M.S. “Pada Rapat Komisi akan dilaksanakan pembahasan terkait hasil Inventarisasi Lembaga Pemerintah & Non Pemerintah serta Identifikasi Permasalahan dan Pembahasan Isu Terkait Kelembagaan yang kemudian nanti akan menghasilkan Matriks Pembahasan Isu. Diharapkan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sehingga diperoleh hasil yang bermanfaat bagi kita semua, khususnya di Wilayah Sungai Bangka”.

Setelah dilakukan pembukaan secara resmi, acara diawali dengan arahan pembina oleh Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan, Ibu Nur Widayati S.P., M.T, yang diwakili oleh Ibu Husnul Chotimah S.P., M.T, dimoderatori oleh Bapak, Arifiyanto, S.T., M.T. dilanjutkan dengan Rapat Komisi Pendayagunaan Kelembagaan, Sidang Pleno Pendayagunaan Kelembagaan, Sidang Pleno Program Kerja TKPSDA WS Bangka Tahun 2023 dan diakhiri dengan Penyampaian Rekomendasi oleh Ketua TKPSDA WS Bangka.