Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Papua Barat > BWS Papua Barat bersama PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim Gelar Rapat Expose Rekomtek


Kamis, 06 Oktober 2022, Dilihat 695 kali

BWSPAPUABARAT - Pada Kamis 6 Oktober 2022 bertempat di Ruang Rapat Pusdakol RU VII Kasim, Kampung Klayas, Distrik Seget Kabupaten Sorong. Tim Rekomendasi Teknis (Rekomtek) melakukan rapat bersama PT Kilang Pertamina Internasioanal RU VII Kasim.

Rapat expose tersebut untuk membahas permohonan rekomendasi teknik izin pengusahaan sumber daya air yang diajukan PT Kilang Pertamina Internasioanl RU VII Kasim kepada BWS Papua Barat beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai wilayah Sungai Papua Barat, Wempy Nauw meminta PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim, bersama masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi Kilang, tetap menjaga kelestarian hutan disekitar telaga.

"Seperti kita ketahui bersama, hutan memiliki peran penting sebagai daerah tangkapan air dan tempat penyimpanan cadangan air, sehingga ini adalah tugas besar kita untuk tetap menjaga kelestariannya demi keberlangsungan hidup kedepannya," tuturnya.

Sebelumnya, Tim Rekomtek telah melakukan verifikasi terhadap kelengkapan serta keabsahan dokumen administrasi, serta dokumen teknis lainnya yang diajukan PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim. Sekretariat Tim Rekomtek BWS Papua Barat mengatakan dokumen lengkap dan dapat dilanjutkan ketahapan expose/pembahasan permohonan rekomtek tersebut.

Tahapan expose merupakan tahapan yang wajib dilaksanakan dalam setiap penyusunan rekomendasi teknis, untuk mengevaluasi kesesuaian data yang dimasukkan dengan memberikan kesempatan kepada pemohon untuk menjelaskan data-data yang dimasukkan. Setelah tahap expose kemudian dilanjutkan dengan melakukan kunjungan lapangan.

Hasil expose ini akan dituangkan dalam risalah rapat expose yang menjadi dasar diterbitkannya Rekomendasi Teknik sebagai syarat pengajuan izin Pengusahaan Sumber Daya Air.

Seperti diketahui, PT. Kilang Pertamina Internasional merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang bertanggung jawab dalam proses kegiatan pengolahan minyak bumi menjadi produk minyak dan petrokimia di sejumlah kilang minyak yang beroperasi di Indonesia.

Dalam menjalankan aktivitas penyulingan minyak mentah, Kilang Minyak RU VII Kasim menggunakan suplai air permukaan yang diambil dari telaga (water pond) yang berada di dalam lokasi Kilang. Air tersebut digunakan sebagai penunjang operasional kilang serta untuk memenuhi kebutuhan air domestik pegawai.