Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Papua Barat > Revitalisasi Kembalikan Kejayaan Danau Ayamaru


Senin, 28 Juni 2021, Dilihat 927 kali

BWSPAPUABARAT - Kepala Balai Wilayah Sungai, Ir. Alexander Leda melakukan audiensi 

bersama Kepala Distrik Ayamaru Tengah dan 14 Kepala Kampung di Danau Ayamaru. Senin, 28 Juni 2021.

 

Dalam Pertemuan tersebut, Kepala Balai Wilayah Sungai didampingi Satker PJPA Nonce Zaman, PPK Danau Situ dan Embung Imam Effendi, PPK Hidrologi Erikson Karet, dan Direksi Pekerjaan Maerun. 

 

Pertemuan tersebut dilakukan untuk meminta izin Kepada para Kepala Kampung dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Ayamaru Tengah sekaitan dengan pekerjaan Revitalisasi Danau Ayamaru Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat . 

 

Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat, Alexander Leda mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembalikan fungsi Danau Ayamaru.

 

"Kami datang dari tempat yang jauh, saya sendiri dari Timur ingin dengan hati yang tulus membangun tempat ini supaya menjadi baik, ini berawal dari keprihatinan karena setiap tahun air di Danau Aimaru ini semakin berkurang. Ini mungkin yang akan menjadi perenungan evaluasi bagi kita, terutama semua keluarga besar yang ada disini untuk kita sama-sama berfikir kenapa ini terjadi?," ujar Ir. Alexander Leda memulai sambutannya.

 

Budaya permisi kepada pemilik hak wilayah, menaikkan doa, mengikat beberapa kain merah, serta mengoleskan buah merah yang sudah ditumbuk dibatu-batu dan pohon sudah menjadi kebiasaan Ayamaru sebelum memulai suatu kegiatan atau pekerjaan. Sehinga dalam kunjungan tersebut Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat beserta jajarannya memasangkan Kain merah dari Timur untuk para Kepala Kampung dan Kepala Distrik

 

" Dengan rendah hati, izinkan saya dan teman-teman untuk membangun ditempat ini, sehingga fungsi dari Danau ini kembali dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," jelasnya. 

 

Selain itu, Kepala Distrik Ayamaru Tengah, Sepnat Na'a mengapresiasi kehadiran Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat untuk berdiskusi bersama keluarga besar yang terdiri dari 14 marga yang ada disekitar wilayah pembangunan.

 

"Luar biasa, Puji Tuhan karena Bapak bisa langsung hadir ditempat ini. Terimakasih juga kepada Putra daerah yang sudah menyampaikan budaya yang ada disini. Kalau orang disini punya budaya kainnya itu, kain Timur kebetulan Bapak Kepala Balai juga dari Timur, ini luar biasa," jelasnya. 

 

Dia berharap, revitalisasi ini, akan mengembalikan kejayaan Danau Ayamaru yang dulu banyak membantu masyarakat untuk kelangsungan hidup sehari-hari. 

 

"Semua warga masyarakat ini mendukung pembangunan. Dulu ikan-ikan yang ada itu besar karena air yang dalam, sekarang ikan kurus karena air sudah dangkal. Jadi ini (revitalisasi) mengangkat kembali kejayaan Danau Ayamaru dulu," pungkasnya. 

 

Senada dengan Kepala Distrik, Kepala Kampung Isir juga mengaku bangga atas pembangunan yang dilaksanakan diwilayah Ayamaru ini. Menurutnya Danau Ayamaru adalah ATM masyarakat sebab ikan dan udang yang ada di danau ini terkenal sangat baik kualitasnya dan banyak dicari orang.

 

"Kami semua yang ada disini, masyarakat rasa bangga dan mendukung seratus persen pembangunan ini. Dulu kalau masyarakat tidak punya uang malam mereka mancing disini besoknya sudah dapat uang satu juta, jadi Danau ini ATM masyarakat," jelasnya.