Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Papua Barat > BWS Papua Barat Gelar Apel Siaga Bencana


Kamis, 20 Oktober 2022, Dilihat 118 kali

BWSPAPUABARAT - Memasuki akhir tahun yang rawan dengan musim penghujan, Balai Wilayah Sungai Papua Barat menggelar Apel bersama Kesiapsiagaan bencana Hidrometeorologi di Kantor BWS Papua Barat. Kamis, 20 Oktober 2022.

Papua Barat khusus Sorong, Wondama dan Manokwari merupakan daerah rawan banjir dan longsor. Untuk itu perlu kesiapsiagaan terhadap penanggulangan bencana, tetap harus dijaga.

Bertindak sebagai Komandan Apel, adalah Ketua Harian Satgas Bencana Papua Barat, Cahyani Manurun Koba dan Pemimpin Apel adalah Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat, Wempy Nauw.

Apel diikuti oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana BWS Papua Barat dan seluruh stake holder terkait diantaranya BMKG Papua Barat, BNPB Papua Barat, Basarnas, TNI POLRI, serta seluruh Balai Kementerian PUPR yang ada di Papua Barat.

Dalam arahannya Kepala BWS Papua Barat mengatakan, kesiapsiagaan tim Satgas(Satuan Tugas) dalam melaksanakan tugas, memerlukan tindakan cepat dan tepat mulai dari antisipasi, tanggap darurat, sampai dengan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana sebab hal tersebut menyangkut keselamatan korban.

Dia juga menegaskan bahwa Tim Satgas harus selalu waspada dan siap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Kesiapan Peralatan pendukung siaga bencana banjir juga sudah disiapkan.

"Bencana ini bukan hanya tugas satuan Kerja Operasi dan pemeliharaan namun tugas kita bersama, baik Satker Balai, Satker PJPA bahkan Satker PJSA," tambahnya.

Kepala BWS Papua Barat juga menambahkan, bahwa penangan Bencana secara tepat di Papua Barat membutuhkan kerjasama seluruh satkeholder. " Terima Kasih atas Kehadiran Bapak Ibu dari BNPB, BMKG, TNI Polri, Basarnas dan semuanya, ini adalah langkah awal kita untuk menyatakan kesiapan kita menghadapi bencana. Namun kita sangat berharap tidak ada bencana yang terjadi," ujarya,

Sementara itu, Bengamat Meteorologi dan Geofisika, Stasiun BMKG Papua Barat, Wendel J Pattipeilohi mengatakan, kondisi geografi Papua Barat ini cukup unik,sehingga pola curah hujan di Papua Barat juga sangat beragam.

"Kami sangat mengapresiasi langkah dari BWS Papua Barat untuk mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal. Kami berharap Koordinasi Lintas Sektor sangat diperlukan," jelasnya.

Seperti diketahui , peralatan pendukung siaga bencana yang sudah disiapkan BWS Papua Barat meliputi alat berat milik BWS Papua Barat jenis Excavator berjumlah 3 unit dalam kondisi baik, yang disiagakan di lokasi MaPompa jenis Alkon 10 Unit, alat berat milik mitra BWS Papua Barat sebanyak 12 unit. Serta alat banjiran seperti Bronjong 7.539 buah, dan Geobag 2.600 buah.