Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Papua Barat > Tim PSDA BWS Papua Barat Inspeksi Pos Hidrologi di Empat Kabupaten dan Kota


Senin, 31 Oktober 2022, Dilihat 131 kali

SISDA BWS PAPUA BARAT

BWSPAPUABARAT - Data Hidrologi merupakan salah satu unsur informasi yang sangat penting dalam bidang Sumber Daya Air (SDA).
Data Hidrologi berisi kumpulan informasi untuk pengelolaan dan pemafaatan sumber-sumber air. Seperti data curah hujan, temperatur, penguapan, lama penginaran matahari, tinggi muka air sungai, kecepatan aliran sungai, dan konsentrasi sedimen yang ada di sungai dan kecepatan angin.

Untuk memastikan pos Hidrologi berfungsi dengan baik dalam pelaporan data yang tepat dan akurat, Tim PSDA BWS Papua Barat melakukan Inspeksi selama seminggu (23 - 30 Oktober 2022) di Empat Kabupaten dan Kota di Papua Barat.

Empat Kabupaten dan Kota tersebut diantaranya Kabupaten Kaimana, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Fakfak dan Kota Sorong.

Di Kabupaten Kaimana, Tim PSDA mengunjungi Pos Curah Hujan (PCH) Kantor Distrik Tanggaromi dan PCH Kantor Dinas PU. Di Kabupaten Raja Ampat, PCH yang dikunjungi adalah PCH Bongkawir sementara di Kabupaten Fakfak Pos Hirologi yang dikunjungi adalah PCH Kantor Distrik Barat, PCH Kantor Distrik Fakfak Tengah, PCH Kantor Distrik Kokas, PCH Kantor Distrik Karamongga, PCH Bima Jaya letaknya di SMKN 2 Fakfak, Pos Klimatologi (PKlim) Bomberay (SP 7) dan PKlim Workshop Dinas PU. Sementara di Kota Sorong, Tim PSDA Papua Barat menjungi PCH Aimas 1 dan Pos Duga Air (PDA) Maryat Hillir.

Dalam Inspeksi tersebut, Tim PSDA Papua Barat melakukan pemeriksaan dan perbaikan alat pos hujan manual dan alat pos hujan otomatis yang mengalami penurunan fungsi. Tim Hidrologi BWS Papua Barat juga membagikan alat dan bahan kepada para petugas pos di daerah masing-masing.

Alat dan bahan yang dibagikan diantaranya formulir/blangko pencatatan data, formulir/blangko absensi atau catatan harian penjaga pos, formulir/blangko catatan kejadian penting, formulir/blangko catatan kondisi alat, formulir/blangko rehabilitasi pos dan formulir buku tamu, gelas ukur, baju dan topi, serta peralatan pemeliharaan lainnya.

Seperti diketahui, Pos Hidrologi BWS Papua Barat sebanyak 41 Pos yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di Papua Barat. Tahun Anggaran 2022, PPK PSDA Papua Barat telah melakukan pekerjaan rehabilitasi Pos Hidrologi di  (PCH) Kantor Distrik Tanggaromi, PCH Kantor Dinas PU Kaimana, PCH Bima Jaya, PCH Kantor Distrik Fakfak Tengah, dan PKlim Prafi SP V (Macuan).