Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Papua Barat > Upacara 17 Agustus Balai PUPR Papua Barat berlangsung khidmat, Para Kepala Balai Bertugas.


Kamis, 17 Agustus 2023, Dilihat 232 kali

Sisda

BWSPAPUABARAT - Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 Balai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Papua Barat berlangsung hikmat.

Seluruh Kepala Balai bertugas dalam upacara 17 Agustus tahun 2023 ini. Inspektur upacara yakni (Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua), Pembaca Pancasila (Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat), Pembaca Pembukaan UUD 1945 (Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional), Pembaca Panca Prasetya KORPRI (Kepala Balai Penyediaan Perumahan Papua II), dan Pembaca Doa (Kepala BP2JK Papua Barat).

Upacara diikuti oleh seluruh Pejabat dan Staf dari Balai dan Paguyuban Balai PUPR di Papua Barat dengan menggunakan pakaian adat Tradisional Nasional, batik serta Baju KORPRI.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektur upacara membacakan sambutan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Tema Peringatan HUT ke-78 RI
yakni Terus Melaju untuk Indonesia Maju,
kita meyakini fondasi untuk menggapai itu
semua sudah dimulai. Pembangunan
infrastruktur konektivitas, ketahanan pangan
dan infrastruktur permukiman yang pada
akhirnya menaikkan daya saing.

"Berdasarkan laporan Institute for Management Development, daya saing kita pada 2022 naik dari ranking 44 menjadi 34. Ini merupakan kenaikan tertinggi di dunia," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Ia kembali bahwa tugas dan tanggungjawab ke depan sangat berat. Harapan dan ekspektasi masyarakat juga semakin tinggi. Tidak bisa lagi menjalankan tugas dengan cara yang biasa saja.

"Kita diberi contoh oleh generasi muda, kita harus menjadi petarung-petarung yang tangguh, kuat, berintegritas, berani, dan berjiwa seni. Menjadi petarung dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," jelasnya.

Ia minta para insan PUPR untuk menanamkan karakter kuat, berani dan berjiwa seni. Kuat karena kompeten, berani karena berintegritas, berjiwa seni karena membutuhkan inovasi dan improvisasi dalam bekerja. "Fighting Spirit atau jiwa petarung yang tidak mudah menyerah menghadapi tantangan harus terus kita pupuk dan miliki," jelasnya.

Menteri PUPR mengajak seluruh Insan PUPR pada Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia ini sebagai momentum memperkuat motivasi untuk selalu memberikan yang terbaik yang bisa dilakukan.

"Mari kita terus menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk menuntaskan semua tugas yang diberikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi langkah kita menuntaskan tugas-tugas pembangunan infrastruktur,” tutupnya.

Usai upacara dilaksanakan, dilanjutkan dengan ramah tama dan lomba-lomba.