SDA-net

Donor Darah di Harbak PU ke-74, Berikut 10 Manfaatnya

donor-darah-rangkaian-kegiatan-pertama-di-harbak-pu-ke74-beserta-manfaatnya

Dalam rangka Hari Bakti PU ke-74, Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu menyelenggarakan serangkaian acara yang dimulai dengan Donor Darah pada hari Jumat, 29 November 2019, pukul 08.00 - Selesai di Kantor BWS Sulwesi III Palu. 

Kegiatan donor darah yang difasilitasi oleh PMI Daerah Sulawesi Tengah ini, sering kali menjadi salah satu kegiatan rutin yang ditambahkan ke dalam rangkaian acara-acara besar Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu. Sebab, seperti yang diketahui oleh Sobat Balai, bahwa Donor Darah tidak hanya sebagai kegiatan amal tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain. Sayangnya, banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, manfaat donor darah bagi pendonor banyak banget lho. Malahan setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil. Keuntungan juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan. Berikut kami rangkum 10 manfaat donor darah yang dilansir dari liputan6.com! 

1. Mengurangi penyakit jantung
 

Salah satu manfaat donor darah bagi pendonor adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan Anda menderita penyakit jantung.

2. Membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan
 

Manfaat donor darah bagi pendonor yang teratur lainnya adalah membantu membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan. al ini karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya.
 

3. Menurunkan resiko kanker
 

Selain membantu membakar kalori, manfaat donor darah bagi pendonor adalah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah. 

4. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah
 

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. 

5. Meningkatkan produksi darah
 

Manfaat donor darah bagi pendonor yang teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

6. Membuat pikiran lebih stabil 

Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali. 

7. Bagian dari periksa kesehatan
 

Manfaat donor darah bagi pendonor lainnya adalah dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak.

8. Menjadi lansia yang sehat

Menjadi lansia yang sehat merupakan manfaat donor darah bagi pendonor lainnya. Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut.

9. Menurunkan kolesterol
 

Manfaat donor darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah hasil penelitian membuktikan bahwa donor darah dapat mengurangi kekentalan darah sehingga dapat membantu dalam menurunkan kadar LDL.

10. Manfaat donor darah untuk mempercepat proses pemulihan luka
 

Ketika Anda mendonorkan darah, akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan ketika tubuh Anda mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sehingga penyembukan luka jadi lebih cepat.

So, masih takut untuk donor darah? Semoga bisa lebih berani lagi ya Sob, setelah membaca manfaatnya. Apalagi masih dalam euphoria Harbak PU nih! 

 

 


Berita Lainnya

Kunjungan Kerja DPRD Prov. Sulawesi Barat Komisi II

Palu 14/02/2020 - Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu menerima kunjungan kerja dari DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Komisi 2 pada Jumat, 14 Februari 2020, bertempat…

Penanaman Pohon dan Gerakan Kesehatan Masyarakat Dalam Rangka HUT RI ke-77 Tahun

Paguyuban Balai Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan penanaman pohon dan Gerakan Kesehatan Masyarakat dalam rangka memperingati HUT…

Fun Games/Lomba yang diikuti oleh seluruh pegawai mewakili masing-masing Satker dan PPK.

Suka cita menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia aka selalu dinanti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dalam merayakan Gempita HUT RI ke-78 Balai Wilayah Sungai…

PPK Air Tanah dan Air Baku BWS Sulawesi III Palu Juarai Lomba Karya Tulis Inovatif Ditjen SDA

PPK Air Tanah dan Air Baku BWS Sulawesi III Palu, Hariady Indra Mantong, ST., M.Sc., mewakili BWS Sulawesi III Palu sebagai salah satu Juara Lomba Karya Tulis Inovatif…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved