SDA-net

Kunjungan Monev EARR 2021: Percepatan Pelaksanaan Pinjaman Luar Negeri Aktif di Sulteng

kunjungan-monev-earr-2021-percepatan-pelaksanaan-pinjaman-luar-negeri-aktif-di-sulteng

Pemerintah Indonesia berupaya membangun kembali infrastruktur kritis yang rusak setelah bencana dahsyat yang terjadi di Sulawesi Tengah pada September 2018 silam. Pembangunan kembali ini difasilitasi oleh Asian Bank Development (ADB) melalui bantuan Pinjaman Luar Negeri, dengan program Emergency Assistance for Rehabilitation and Reconstruction atau EARR.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Palu di bawah Kementerian PUPR dalam EARR berperan melaksanakan rehabilitasi dan rekonstruksi di lingkungan sumber daya air di Sulawesi Tengah, yaitu, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bendung dan Jaringan Daerah Irigasi Gumbasa, Palu Coastal Protection, dan peningkatan jaringan Air Baku Pasigala dan Air Baku Paneki. Selain EARR, ADB juga turut memfasilitasi pelaksanaan integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program atau IPDMIP.

Merujuk pada Pasal 77 Ayat (1) dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengadaan Pinjaman Luar Negeri dan Penerimaan Hibah dan dalam rangka pemantauan pelaksanaan proyek-proyek Pinjaman Luar Negeri (PLN) aktif Tahun Anggaran 2021 di lingkungan Ditjen Sumber Daya Air.

Maka melalui peraturan tersebut, Ditjen SDA Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Keuangan melaksanakan kegiatan monitoring EARR dan IPDMIP dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan Pinjaman Luar Negeri aktif di Palu, Sulawesi Tengah, pada Rabu-Jumat (2-4 Juni 2021).

BWS Sulawesi III Palu sebagai pelaksana kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi di lingkungan sumber daya air di Sulawesi Tengah, memfasilitasi kunjungan tersebut dengan agenda diskusi dan kunjungan lapangan atau on site visit ke lokasi proyek-proyek. Kunjungan monev berlangsung selama dua hari meliputi lokasi proyek Intake Air Baku Saluki, Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pembangunan Intake Air Baku Paneki, Palu Coastal Protection, dan kampus IAIN Palu.

Kegiatan kunjungan lapangan ini bertujuan untuk memberikan masukan/solusi terhadap permasalahan/kendala yang menghambat pelaksanaan kegiatan sehingga dapat menjadi perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan ke depan.


Berita Lainnya

Progress Program Padat Karya Non-Rutin Pengaman Pantai Teluk Palu

Pengaman Pantai Teluk Palu merupakan salah satu kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Pasigala (Palu, Sigi dan Donggala) dengan sumber dana dari Loan…

Kegiatan Sarasehan Banjir dan Mitigasi Bencana Prov. Sulawesi Tengah

Untuk meningkatkan kerjasama dan menjalin koordinasi yang lebih baik antar Instansi/Lembaga terkait Penanggulangan Banjir, maka BWS Sulawesi III Palu melalui OP SDA 1 melaksanakan…

Lomba Menggambar dan Mewarnai Anak membuka Rangkaian Peringatan HAD XXIX 2021 di BWS Sulawesi III Palu

Palu - Lomba Menggambar dan Mewarnai kategori anak-anak merupakan salah satu rangkaian acara dari peringatan Hari Air Dunia tahun 2021 yang dilaksanakan oleh BWS Sulawesi…

Program Padat Karya Non Reguler 2020 di Sulawesi Tengah

Dalam memitigasi Covid 19, Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu melaksanakan Program Padat Karya Non-Reguler untuk wilayah kewenangan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved