Sosialisasi Pembentukan dan Penguatan Kelembagaan Komunitas Peduli Sungai (KPS)

Gambar Sosialisasi Pembentukan dan Penguatan Kelembagaan Komunitas Peduli Sungai (KPS)

Balai Wilayah Sungai Sumatera III, melalui PPK Penatagunaan SDA melaksanakan kegiatan sosialisasi pembentukan dan penguatan kelembagaan komunitas peduli sungai (KPS) pada hari Senin, 26 September 2022. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 8 komunitas peduli sungai, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau, dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu bapak Ir. Harlon Sofyan,M.Si ahli teknik pengairan madya BWS Sumatera III dan dari Komunitas Peduli Sungai (KPS) Pondok Belantara, Eko Handiko Purnomo. 

Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah bagi masyarakat yang berperan aktif dalam komunitas peduli terhadap sungai, wadah berbagi informasi dan untuk meningkatkan motivasi masyarakat didalam komunitas peduli sungai. 

Dalam sambutannya, bapak Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera III menyampaikan bahwa Sungai harus kita jaga dan pelihara bersama. Sungai menjadi peradaban manusia pertama kalinya, sehingga sungai harus dijaga dan dilestarikan. Dengan adanya komunitas peduli sungai yang sudah terbentuk dan bergerak aktif diharapkan mampu menyampaikan pengetahuan nya dan menjadi inspirator terbentuknya komunitas peduli sungai yang baru. Dengan adanya Komunitas Peduli Sungai diharapkan menambah semangat masyarakat disepanjang sungai untuk peduli terhadap sungai, menjaga kebersihan sungai dan menjaga sumber daya air yang ada.

Komunitas peduli sungai adalah mitra pemerintah untuk menjaga fungsi sungai. Kementerian PUPR melalui Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA telah melakukan bentuk-bentuk pembinaan kepada komunitas peduli sungai berupa pertemuan, sarasehan, dan lomba sebagai sarana komunikasi saling berbagi pengetahuan dan pengalaman aplikatif di lapangan.

Share this Post:

Artikel Sebelumnya: