Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Maluku Utara > Peringatan Puncak Hari Air Dunia Yang ke 30 BWS Malut Lakukan Aksi tanam Pohon


Rabu, 30 Maret 2022, Dilihat 147 kali

Dokumentasi BWS Malut

Ternate, 30 Maret 2022, Memperinganti Hari Air Dunia yang ke 30 Balai Wilayah Sungai Maluku Utara menggelar kegiatan penanaman pohon yang berlokasi di Kantor PDAM Kota Ternate Ake Gaale kegiatan dilakukan secara offline dan online melalui Zoom Metting yang di ikuti oleh seluruh balai-balai yang di seluruh Indonesia, yang acaranya puncaknya di Bendungan Randugunting Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Dengan tema MANTAB (Melestarikan Air Tanah air Berkesinambungan) yang diadopsi dari tema internasional groundwater making the invisible visible yang mengandung arti air tanah membuat yang tidak kelihatan menjadi kelihatan, kegiatan di hadiri Walikota Ternate, Komunitas Ake Gaale dan Perumda Ake Gaale.

Kalpin Nur Selaku Kepala Balai memberikan sambutan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada acara  Hari Air Dunia dalam sambutan tersebut Kabalai menyampaikan Sebagai kebutuhan vital dan hak asasi bagi kehidupan manusia, air dibutuhkan untuk berbagai hal, diantaranya: domestik, non-domestik, irigasi, energi, flora dan fauna. Namun saat ini masih terdapat banyak kelompok masyarakat yang belum mendapatkan hak atas air. Berdasarkan data yang dirilis oleh United Nation Water (UN Water) masih terdapat sekitar 2,1 miliar orang yang hidup tanpa akses air. Secara global terdapat 80% penduduk yang tinggal di area pedesaan masih menggunakan air dari sumber yang tidak layak. Selain itu, tidak kurang dari 68,5 juta orang berada di pengungsian karena bencana alam, peperangan maupun konflik sosial politik dan mengalami kendala akses air. Demikian pula, kelompok masyarakat seperti perempuan, penyandang disabilitas, pekerja, anak-anak, pelajar, masyarakat adat dan lainnya masih mengalami krisis kebutuhan air. Sehingga kita perlu menjaga ketersediaan air tanah untuk masa depan. Kegiatan dilanjutkan dengan menanam Pohon di Sekitar PDAM dan melakukan foto bersama.