Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Maluku Utara > Apel Gabungan Kesiapsiagan Darurat Bencana Hirometeorologi


Kamis, 17 November 2022, Dilihat 86 kali

Dokumentasi BWS Malut

Kamis, 17 November 2022, BWS Maluku Utara dan BPBD kota Ternate berkolaborasi menyelenggarakan apel kesiapsiagaan darurat bencana hidrometeorologi tahun 2022/2023 yang dilaksanakan di Lapangan Salero Kelurahan Soa Sio, Kec. Ternate Utara, berdasarkan informasi terkini dari BMKG bahwa wilayah Indonesia berada pada kateogri curah hujan menengah hingga tinggi, dengan sifat hujan di atas normal mendominasi sekitar 69,45% luasan wilayah Indonesia sangat berpotensi terjadinya bencana Hidrometeorologi. Kondisi cucaca tersebut mencakup Sebagian besar wilayah Maluku Utara.

Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. membangun ketangguhan dan kesiapsiagaan masyarakat Kota Ternate dalam menghadapi bencana.
  2. mewujudkan kesiapan SDM dan dukungan peralatan dalam penanggulangan bencana di kota Ternate.
  3. Meningkatkan kemitraan dengan stakeholder terkait, terutama tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi masyarakat potensial dalam penanggulangan bencana daerah kota Ternate.
  4. Meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman.

 

Apel kesiapsiagan ini di ikuti oleh Forkopimda Kota Ternate dan Walikota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si yang bertindak sebagai Inspektur Apel. Apel diakhiri dengan pelaksanaan simulasi, simulasi ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan apel kesiapsiagaan nasional menghadapi bencana hidrometeorologi.