Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Papua Barat > BWS Papua Barat Gelar Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Air


Sabtu, 01 Oktober 2022, Dilihat 204 kali

BWSPAPUABARAT -Balai Wilayah Sungai Papua Barat (BWS PB) melaksanakan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di Papua Barat. Sabtu, 1 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 30 peserta dari pengurus dan anggota Komunitas Peduli Sungai (KPS), yaitu Lembaga Pengawasan Kelautan Limbah dan Perikanan Kota Sorong Provinsi Papua Barat.

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Kyriad Kota Sorong dan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat yang diwakili oleh PPK Penatagunaan Sumber Daya Air, Rickson Kareth.

Dalam sambutannya, Dia mengatakan sungai merupakan salah satu sumber daya alam yang telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti sumber air baku, sanitasi lingkungan, pertanian dan transportasi dan ada banyak manfaat lain-nya.

"Menjaga sungai agar fungsinya tidak terganggu adalah tugas kita bersama termasuk para pemuda-pemuda yang membentuk sebuah wadah perkumpulan atau komunitas khusus untuk menjaga sungai, yakni komunitas peduli sungai," tuturnya.

Komunitas peduli sungai adalah ujung tombak pengelolaan sungai di Daerah, untuk menjaga dan mengelola sungai dengan baik sehingga memberikan dampak positif yang lebih besar. Komunitas Peduli Sungai adalah mitra permerintah untuk menjaga fungsi Sungai.

"Jika sungai terus dibiarkan dengan prilaku masyarakat yang kurang baik, lama-kelamaan akan mengalami kerusakan dan penurunan fungsi bahkan beberapa Sungai di Papua Barat ini mengakibatkan bencana alam seperti banjir yang sangat merugikan masyarakat," tambahnya.

Menurutnya, untuk mengembalikan fungsi sungai yang mengalami kerusakan diperlukan penanganan yang lebih serius. "Kami dari Balai Wilayah Sungai Papua Barat memberikan dukungan penuh kepada teman-teman Komunitas Peduli Sungai, kami berharap kita dapat bersama-sama melakukan pengendalian terhadap sungai yang ada," tutupnya.

Usai mengikuti Sosialisasi dalam ruangan, para peserta melakukan praktek dilapangan dengan melakukan bersih-bersih Sungai di Kali Remu, dan melakukan advodkasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di Sungai.

Seperti diketahui, Komunitas Peduli Sungai di terbagi di setiap provinsi di Indonesia, dengan total 784 KPS sementara untuk Papua Barat terdapat 7 Komunitas.